Selasa, 16 April 2013

                                                       

        Sejarah Perkembangan Keyboard

     Sejarah perkembangan keyboard sendiri diawali dan mengadopsi model mesin tik yang pertama kali diciptakan oleh  Christopher Latham sekitar tahun 1886 dan dilakukan produksi secara massal setahun kemudian yakni tahun 1887. Keyboard yang ada saat ini adalah jenis keyboard QWERTY yang diresmikan sebagai keyboard berstandar ISO tahun 1973.Dimana jumlah tombol pada keyboard tersebut sekitar 140 tuts. Yang saat ini kita kenal memiliki beberapa port yang diantaranya PS2, usb, wireless, port serial.
     Bagian-Bagian Keyboard
Keyboard yang sering kali digunakan adalah jenis QWERTY dimana bentuknya sangat mirip dengan mesin tik. Keyboard ini memiliki empatelemen utama, yaitu:
·       Typewriter key yang merupakan tombol utama dalam penginputan. Didalamnya terdiri dari back space, delete, caps lock, esc, end, enter, home, insert, page up, page dwon, tab, dsb.
·       Numeric key, dimana letaknya di sebelah kanan keyboard. Didalamnya terdapat angka-angka dan arrow key. Ada indikasi penggunaan dari keduanya, yakni ketika lampu num lock menyala maka tombol yag sedang digunakan adalah angka (numerik). Sebaliknya, jika mati maka yang sedang digunakan adalah arrow key.
·       Function key, letaknya ada di barisan paling atas dari struktur keyboard. Terdiri dari F1 sampai dengan F12. dimana tiap-tiap tombolnya memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung darisistem komputer yang digunakan.

Sepeti itulah perkembangan keyboard dan bagian-bagian yang tercakup didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar